Fakta-fakta Banjir Kemang 1-2 Januari 2020

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 22:54 WIB
Kawasan Kemang Raya saat terdampak banjir (Farih/detikcom)
Jakarta - Wilayah Kemang, Jakarta Selatan, jadi salah satu daerah yang dilanda banjir pada awal 2020. Saat itu sejumlah orang mengungsi dari rumahnya yang terdampak banjir.

Dilaporkan pula sempat ada puluhan orang yang terjebak banjir. Korban harus dievakuasi menggunakan perahu karet karena ketinggian banjir mencapai 2 meter.

Meski begitu, banjir juga dimanfaatkan anak-anak sebagai sarana bermain. Mereka berenang bersama-sama.

Penanganan banjir di Kemang salah satunya mengalirkan air menggunakan pompa. Berdasarkan data yang disampaikan akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, banjir masih terjadi pada Kamis (2/1), terutama di Jalan Kemang Raya.


Berikut fakta-fakta soal banjir Kemang:

1. Tinggi air mencapai 2 meter

Petugas Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Duren Tiga, Ali Basori, mengatakan ketinggian air di daerahnya mencapai 2 meter. Dia mengatakan arus banjir cukup deras.

"Di sini kendalanya cuma evakuasi karena memang di deket bantaran itu arusnya cukup deras, jadi membutuhkan orang andal bisa masuk ke sana. Arusnya deras dan tingginya sampai 2 meter," kata Ali saat ditemui di lokasi Jalan Kemang Utara IX, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (1/1).

2. 30 orang sempat terjebak banjir

Sebanyak 30 orang sempat terjebak banjir di kawasan Kemang Utara, Jaksel. Warga membutuhkan perahu karet untuk proses evakuasi karena ketinggian air mencapai 2 meter.

"Pengungsi belum tertangani semua karena masih ada yang terjebak sekitar 30 orang di dalam. Karena di sini membutuhkan perahu karet," ujar Ali Basori di lokasi Jl Kemang Utara IX, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (1/1).


Ali menuturkan air di lokasi saat itu belum surut, malah cenderung bertambah. Ali mengatakan saat itu kondisi warga yang masih terjebak berada di rumah yang berlantai dua. Ali menyebut warga yang terjebak itu dikhawatirkan kedinginan hingga kekurangan pasokan logistik berupa asupan makanan.

Sejumlah motor terendam banjirSejumlah motor terendam banjir (Ari Saputra/detikcom)

Petugas Damkar Pancoran bersama warga melakukan evakuasi warga menggunakan perahu karet. Korban banjir lalu dibawa ke tempat pengungsian.

3. Toko, apartemen, dan mobil juga terendam banjir

Banjir di Kemang juga mengakibatkan pertokoan dan mobil-mobil terdampak. Akibatnya, aktivitas ekonomi pun sempat terhenti.

Pantauan detikcom, Rabu (1/1/2020), di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, tepatnya di depan Kem Chicks, kawasan itu lumpuh. Terlihat air yang menggenang masuk ke ruko dan halaman apartemen yang berada di sekitar lokasi. Toko-toko yang biasanya beroperasi kini ditutup.


Mobil-mobil yang terparkir tampak terendam. Bus TransJakarta hingga mobil jip Land Rovers ikut terdampak banjir. Hampir setengah badan mobil terendam air.

Selanjutnya
Halaman
1 2