Kemendikbud Tetapkan 'Milenial' Jadi Kata Populer Tahun 2019

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 16:15 WIB
Plt Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Dadang Sunendar (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan Kata Tahun Ini (KTI) 2019. Kata 'milenial' merupakan kata paling populer yang dipilih pada 2019.

"Setelah memperoleh hasil dari tim pengkaji ini dan kita diskusikan, kata yang dipilih sebagai kata tahun ini pada 2019 adalah 'milenial'," kata Plt Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Dadang Sunendar di Gedung C Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020).


Dadang menjelaskan beberapa pertimbangan yang menjadi acuan dalam pemilihan kata 'milenial'. Pertimbangan tersebut dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif.

"Kuantitatifnya dengan hitungan data statistik yang ada di KBBI. Kami juga melakukan secara kualitatif dengan melihat rujukan-rujukan dari berbagai media massa dan bidang ilmu kajian-kajian tertentu terutama yang ada di Indonesia, yang hampir semuanya merujuk pada kata milenial ini," ujarnya.

Lebih lanjut Dadang menjelaskan kata 'milenial' merupakan kata yang masuk dalam pencarian kata terpopuler dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata ini memperoleh jumlah pencarian sebanyak 19.834 kali oleh masyarakat per 30 Desember 2019.


"Jadi artinya kata milenial ini sudah masuk menjadi salah satu kata terpopuler 2019 dengan jumlah pencarian 19.834 oleh masyarakat. Ini per tanggal 30 Desember 2019 pukul 12.58. Jadi sehari sebelum tahun baru," ujar Dadang.

Dadang juga mengatakan adanya penunjukan Staf Khusus Presiden turut berpartisipasi menjadikan kata 'milenial' menjadi KTI 2019. Menurutnya, sejak penunjukan Staf Khusus Presiden, pencarian kata 'milenial' meningkat pada November 2019.

"Hal ini sejalan dengan adanya pengumuman Staf Khusus Presiden yang berasal dari kalangan milenial pada 21 November 2019. Berdasarkan pencarian Google pada 30 Desember 2019 pukul 09.25 WIB, kata 'staf khusus milenial' merupakan kata yang jadi pencarian tertinggi ketiga berdasarkan data Google trend karena dipakai oleh sebanyak 2.940.000 kali," ujar Dadang.



Tonton video Kemendikbud: Adanya UN Buat Bimbel Berjamuran:



Selain itu, Dadang menjelaskan adanya penggunaan kata 'milenial' di kalangan swasta, laman pemerintahan, hingga kajian ilmiah. Kemudian, kata 'milenial' juga sudah banyak digunakan dalam ungkapan di kehidupan sehari-hari.

"Misal pada ungkapan-ungkapan sehari-hari, anak milenial, generasi, gaya milenial, bahasa milenial, dan seterusnya. Jadi sudah mulai banyak kosakata yang mendampingi kata milenial itu sendiri," ucap Dadang.

Terakhir, Dadang mengungkapkan penggunaan kata 'milenial' sudah menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, tidak hanya anak muda, namun kalangan orang tua juga sudah lazim dalam menggunakan kata tersebut.

"Kata 'milenial' digunakan di hampir seluruh kota di Indonesia dengan penggunaan tertinggi di kota Depok, Yogyakarta, Banjarmasin, Malang, dan Padang. Jadi secara umum kata 'milenial' ini digunakan, dan apa, digunakan bukan hanya oleh anak-anak muda saja tapi para orang tua saja mulai menggunakan ini dengan enak gitu," tuturnya. (azr/azr)