ADVERTISEMENT

Pemkot Banda Aceh Tunggu Restu Ulama untuk Bikin Bioskop

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 10:52 WIB
Garuda Theatre Banda Aceh. Foto: Agus Setyadi/detikcom
Banda Aceh - Pemerintah Kota Banda Aceh masih menunggu restu dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) untuk membuka bioskop di Tanah Rencong. Saat ini, Serambi Mekah menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang tidak punya bioskop.

"Kalau kami Banda Aceh ini kan tidak mengatakan tidak bisa," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman kepada wartawan di Balai Kota, Banda Aceh, Senin (6/1/2020).


Menurut Aminullah, Pemkot Banda Aceh akan menggelar penelitian terlebih dulu soal keberadaan bioskop. Aminullah juga akan melihat penerapan bioskop di negara maju, termasuk negara-negara Islam.

"Jadi nanti setelah itu kita sepakati juga dengan MPU. Kalau sifatnya mereka sudah oke, saya oke aja tidak ada masalah," jelas Aminullah.


Dia menegaskan akan meminta restu ulama untuk membuat bioskop di ibu kota Serambi Mekah. "Iya (kita minta restu dari MPU)," ungkap Aminullah.

Di Banda Aceh sebelumnya pernah ada bioskop. Namun tempat tontonan film tersebut tutup total ketika konflik dan tsunami melanda. Bangunan bioskop saat ini masih ada yang tersisa di Banda Aceh, seperti gedung Garuda Theatre.

Gedung bekas bioskop tersebut terletak di Jalan Imam Bonjol, Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Saat ini gedung tersebut sudah dialihfungsikan menjadi gedung Information Technology Learning Center (ITLC) Banda Aceh. (agse/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT