Laporan dari Tokyo

Megawati Akan Terima Gelar Doktor Honoris Causa ke-9 di Tokyo

Indra Komara - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 09:13 WIB
Megawati (Foto: Rengga Sancaya-detikcom)
Tokyo - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan menerima gelar doktor kehormatan (Honoris Causa) yang ke-9 di Tokyo, Jepang. Presiden ke-5 Republik Indonesia ini akan mendapat gelar kehormatan dari Universitas Soka, Tokyo.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan upacara penganugerahan dari Universitas Soka untuk Megawati akan dilaksanakan Rabu (8/1/2020). Megawati akan mendapat gelar kehormatan untuk bidang kemanusiaan.

"Soka University Tokyo akan menganugerahkan gelar doktor honoris causa bidang kemanusiaan untuk Ibu Megawati," ujar Hasto, Senin (6/1/2020).



Hasto menuturkan, Megawati telah menerima delapan gelar doktor kehormatan dari perguruan tinggi ternama dalam negeri dan luar negeri. Gelar doktor kehormatan pertama yang diterima Megawati yakni dari Universitas Waseda Tokyo, Jepang, pada September 2001.

"Saat itu Ibu Megawati sebagai Presiden RI memperoleh DR HC bidang hukum dari Universitas Waseda," ujar Hasto.

Setelahnya, Megawati kembali menerima gelar doktor kehormatan dari Moscow State Institute of International Relations (MGIMO), Rusia pada 22 April 2003. Megawati mendapat gelar kehormatan untuk bidang politik.

Kemudian gelar doktor kehormatan ketiga untuk Megawati diterima dari Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korea Selatan pada 19 Oktober 2015. Ketum PDIP ini dianugerahi kehormatan bidang politik.