Terjebak Badai di Laut, Kapal Wisata di Labuan Bajo Tenggelam

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 04 Jan 2020 17:47 WIB
Penyelamatan korban kapal tenggelam di Labuan Bajo. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Kapal wisatawan di perairan Pulau Bidadari, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), tenggelam. Penyebabnya adalah cuaca buruk dan kapten kapal menerjang gelombang tinggi.

"Penyebab tenggelamnya kapal KM Aditya disebabkan oleh karena cuaca buruk, dari kapten kapal yang berusaha menembus tingginya gelombang sehingga keseimbangan kapal tidak terkendali yang mengakibatkan kapal tenggelam," kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso kepada detikcom, Sabtu (4/1/2020).


Tenggelamnya kapal terjadi pada pukul 09.45 Wita tadi. Handoyo mengatakan kapal tersebut sedang melayani lima wisatawan lokal.

"Pada Kamis (2/1) pukul 09.00 Wita, Kapal Aditya yang dinakhodai oleh Samsudin bersama tiga ABK, penumpang lima orang dan guide satu orang bertolak dari Pelabuhan Labuan Bajo menuju Perairan Taman Nasinal Komodo untuk melakukan trip selama tiga hari dengan rute tujuan Pulau Kelor-Menjerite-Pulau Rinca-Pulau Kalong," jelas Handoyo.

Seusai perjalanan wisata, terang Handoyo, KM Aditya hendak kembali ke Pelabuhan Labuan Bajo dan bertemu badai di sekitar perairan Pulau Bidadari. "Tiba-tiba muncul badai dan langsung menghantam kapal yang mengakibatkan kapal tenggelam," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2