Menko PMK Minta Jajaran Jamin Kebutuhan Korban Bencana Lebak

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Sabtu, 04 Jan 2020 12:32 WIB
Foto: Bahtiar Rifai-detikcom/ Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungie posko pengungsi di Lebak Gedong, Lebak, Sabtu (4/1/2020).
Lebak - Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungi lokasi terkena bencana di Lebak, Banten. Muhadjir meminta jajaran kementerian terkait memastikan kebutuhan dasar warga terdampak bencana terpenuhi.

"Banyak yang harus segera diselesaikan. Pertama harus dipastikan korban mendapat pelayanan dasar kesehatan, keperluan sehari-hari, penampungan layak dan jaminan belajar anak dalam kondisi apa pun," kata Muhadjir di posko pengungsian di Kecamatan Lebak Gedong, Lebak, Sabtu (4/1/2020).

Kedua, Muhadjir meminta bantuan ke BNPB dan TNI untuk membangun jembatan sementara. Bencana banjir bandang dan longsor paling berdampak khususnya di Kecamatan Lebak Gedong, Sajira, Cipanas.




"Kalau menunggu proses dari kementerian lama, kepala BPNP akan meminta bantuan Panglima TNI, zeni bangunan untuk membangun jembatan sementara, yang paling penting bisa dilalui masyarakat," ujarya.


Menko PMK Minta Jajaran Jamin Kebutuhan Korban Bencana LebakFoto: Bahtiar Rifai-detikcom/ Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungie posko pengungsi di Lebak Gedong, Lebak, Sabtu (4/1/2020).


Selain itu, hasil pantauan ke lokasi bencana di Kecamatan Lebak Gedong dan pengungsian, pemerintah akan membuatkan bangunan sekolah darurat untuk siswa. Pihaknya sudah meminta desain dari Kementerian PUPR untuk satu SD dan sekolah SMP yang rusak.

"Sementara bisa digunakan hingga tiga tahun," sebut Muhadjir.




Menurutnya, sesuai arahan dari Presiden Jokowi, bagaimanapun kondisinya agar anak-anak korban bencana di lebak bisa tetap belajar. Termasuk jaminan kesehatan dan obat-obatan dan multivitamin.

"Saya minta Kemenkes bantuan obat-obatan terutama multivitamin," pungkasnya.

Simak Video "7 Jembatan di Lebak Putus Diterjang Luapan Sungai Ciberang"

[Gambas:Video 20detik]

(bri/fdn)