BMKG Pastikan Kemunculan Awan 'Tsunami' di Maros Sulsel Fenomena Normal

M Bakrie - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 18:52 WIB
Foto: Awan 'tsunami' di Maros Sulsel (Bakrie-detikcom)
Maros - Kemunculan awan yang menyerupai tsunami kembali menghebohkan warga di Maros, Sulawesi Selatan. Awan itu membentang dari selatan hingga barat daya sejauh puluhan kilometer.

Banyak warga yang mengaitkan kemunculan awan itu sebagai pertanda akan adanya banjir besar seperti yang terjadi pada tahun lalu di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan.

BMKG Pastikan Kemunculan Awan 'Tsunami' di Maros Sulsel Fenomena NormalFoto: Awan 'tsunami' di Maros Sulsel (Bakrie-detikcom)


Dari hasil pengamatan stasiun Klimatologi BMKG Maros, fenomena awan yang dikenal dengan sebutan Stratocomulus (SC) itu merupakan hal biasa terjadi saat awal turun hujan dan tidak ada kaitannya dengan pertanda bencana.

"Yang tadi pagi itu adalah tipe awan rendah. Itu biasa saja dalam musim hujan begini. Bukan pertanda bencana," kata Kepala Observasi BMKG Maros, Eko Sulistyo Nugroho, Jumat (03/01/2020).



Berbeda halnya dengan awan Comulonimbus (CB) yang dapat membekukan mesin pesawat jika terjebak di dalamnya, awan Stratocomulus ini hanya mengganggu jarak pandang pilot.

"Kalau awan CB kan memang berbahaya sekali buat penerbangan karena bisa membekukan mesin pesawat. Kalau yang ini, hanya mengganggu visibility saja," lanjutnya.


Tonton juga BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi 5-15 Januari 2020 :


Selanjutnya
Halaman
1 2