Tentang Normalisasi Sungai Era Jokowi-Ahok yang 'Disindir' Anies

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 13:34 WIB
Foto ilustrasi: Normalisasi sungai. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Agar Jakarta tidak kebanjiran lagi, pemerintah pusat ingin agar Gubernur Anies Baswedan melanjutkan normalisasi sungai yang belum kelar. Namun Anies menilai normalisasi bukan solusi. Percepatan normalisasi itu sendiri dimulai saat era Jokowi-Ahok.

Definisi

Untuk mengetahui definisi 'normalisasi sungai' maka aturan era Gubernur Sutiyoso dapat dirujuk. Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 1999 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta menjelaskan definisi itu di Pasal 21 ayat (3) huruf a.

"Normalisasi sungai adalah upaya yang dilakukan terhadap badan sungai sehingga kapasitas badan sungai sesuai dengan debit air yang diinginkan dengan masih mempertahankan pola alamiah sungainya."



Era Jokowi-Ahok

Normalisasi 13 sungai dicanangkan. Jakarta berganti kepemimpinan. Pada era Gubernur Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), normalisasi sungai dipercepat.

Berdasarkan catatan detikcom, percepatan normalisasi sungai terucap pada hari ke-38 Gubernur Jokowi, pada 23 November 2012. Keputusan itu dia utarakan usai bertemu warga bantaran Kali Pesanggarahan yang sering kebanjiran.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3