Banjir Mulai Surut, Lumpur-Sampah Penuhi Permukiman di Kampung Pulo Jaktim

Wilda Hayatun Nufu - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 10:02 WIB
Foto: Banjir di Kampung Pulo Jaktim mulai surut (Wilda-detikcom)
Jakarta - Banjir di permukiman warga Kampung Pulo, Jakarta Timur, mulai surut. Lumpur dan sampah terlihat memenuhi kawasan yang direndam banjir sejak awal tahun baru 2020.

Pantauan detikcom di RT 1/3 Kampung Pulo, Jatinegara Barat, Jakarta Timur, pukul 09.00, Jumat (3/1/2020), terlihat warga sibuk membersihkan puing-puing reruntuhan kayu sisa banjir di tengah-tengah air yang menggenangi setinggi lutut orang dewasa. Sampah dan lumpur tampak berserakan di permukiman warga dan jalan raya.


Banjir Mulai Surut, Lumpur-Sampah Penuhi Permukiman di Kampung Pulo JaktimFoto: Banjir di Kampung Pulo Jaktim mulai surut (Wilda-detikcom)


"Di sini banyak sampah, banyak lumpur. bahkan dari dinas terkait tidak satu orang pun yang keluar, yang datang ke RT 1 ini. Sampah belum diangkut sama sekali pascabanjir," kata warga bernama Zakmanik (35).

Dia berharap pemerintah cepat membantu pembersihan sampah dan lumpiur. Dia mengaku warga sudah lelah mengangkut sampah-sampah yang begitu banyak.

"Tolong dari dinas terkait, sampah dibersihkan. Soalnya warga sudah capek. Warga sudah lelah sekali minta bantuannya dari Damkar tolong di semprot rumah-rumah warga, khususnya di akses jalan raya, jalan setapak, minta di semprot dengan air dari pihak damkar," katanya.


Banjir Mulai Surut, Lumpur-Sampah Penuhi Permukiman di Kampung Pulo JaktimFoto: Banjir di Kampung Pulo Jaktim mulai surut (Wilda-detikcom)


Warga lainnya, Rosad (28) juga mengatakan sampah-sampah sisa banjir masih belum diangkut pemerintah setempat. Dirinya juga menyoroti stok makanan balita yang kurang.

"Sampah ini belum diangkut. Mau ngambil keburu nggak ada. Saya tuh sekarang yang utama, yang terutama makanan untuk balita lah, untuk anak saya," ujar Rosad. (haf/haf)