111 Polisi di Mimika Papua Naik Pangkat Jelang Siaga 1 Malam Tahun Baru

Saiman - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 14:14 WIB
Momen upacara naik pangkat 111 polisi di Mimika, Papua. Foto: Saiman/detikcom
Timika - Sebanyak 111 anggota Polisi di Mimika dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya. Polisi yang naik pangkat ini merupakan gabungan dari anggota Polres Mimika dan Bataliyon Brimob B Satbrimob Polda Papua.

Anggota polisi yang naik pangkat yaitu 16 Perwira dan 95 Brigadir. Detailnya, yaitu: Pangkat Iptu ke AKP sebanyak 5 orang; Ipda ke Iptu 8 orang; Bripka ke Aipda sebanyak 2 orang; Brigadir ke Bripka sebanyak 46 orang; Briptu ke Brigadir 2 orang; Bripda ke Briptu 23 orang. Sementarad dari Brimob B Satbrimob Polda Papua, detailnya yaitu: Pangkat Iptu ke AKP 1 orang, Ipda ke Iptu 2 orang, Bripka ke Aipda 1 orang, Brigadir ke Bripka 18 orang, dan Briptu ke Brigadir 3 orang.


Pelaksanaan kenaikan pangkat dilakukan dengan upacara kenaikan pangkat yang dipimpin langsung oleh Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata di Mapolres Mimika, Selasa (31/12/2019).

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan kenaikan pangkat kali ini merupakan gabungan antara Polres Mimika dan Brimob B Satbrimob Polda Papua. Sesuai petunjuk dari Kapolri, kata AKBP Era, kenaikan pangkat bisa dilaksanakan pada 26 Desember 2019 atau 10 Januari 2020.

"Kenaikan pangkat ini merupakan penghargaan kepada anggota yang berprestasi. Dan dengan kenaikan pangkat diharapkan bisa menjadikan motivasi untuk terus melaksanakan tugas," kata AKBP Era.


Bertepatan menghadapi malam Tahun Baru, personel diminta untuk melakukan siaga, kali ini Polres Mimika Super Siaga.

"Apalagi pasca kejadian di perbatasan RI-PNG kemarin kita semua saat ini siaga, bekerjasama dengan Satgas yang ada selalu waspada untuk menjaga keamanan khusus di Timika Papua," Tambah Era.

Pihaknya meningkatkan pengamanan seperti sweping-sweeping untuk mengantisipasi penyelundupan senjata dan ruang gerak KKB ke wilayah Kota. (tor/tor)