MenPAN soal Pegawai KPK Jadi ASN: Penyaringannya Diserahkan ke KPK

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 12:27 WIB
Tjahjo Kumolo (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, menyerahkan sepenuhnya mekanisme peralihan pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN) kepada KPK. Tjahjo menghormati kekhasan di masing-masing lembaga.

"Soal proses penyaringannya kami serahkan kepada KPK. Mau ada tes terbuka ada pemisahan jabatan misalnya humas dengan jubir itu adalah rumah tangga masing-masing. Karena masing-masing kementerian juga ada kepala biro humas, zaman saya dulu di mendagri ada kapuspen juga, di lembaga-lembaga yang ada juga masing-masing punya kekhasan yang itu disepakati oleh kepalanya atau oleh ketuanya atau oleh pimpinannya," kata Tjahjo di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (31/12/2019).



Tjahjo mengatakan pihaknya sudah mengajukan rancangan perpres ke Sekretariat Negara mengenai peralihan status pegawai KPK. Rancangan itu kemudian dibahas bersama-sama seusai dengan koridor perundang-undangan yang berlaku.

"Perpres yang menjadi kewenangan kami dan juga ada rancangan perpres yang menjadi kewenangan Kementerian Hukum dan HAM termasuk rancangan perpres yang kami ajukan kepada Kementerian Keuangan secara prinsip rancangannya sudah kami serahkan kepada setneg juga kepada Kemnterian Keuangan. Nanti tentunya akan ada pembahasan yang penting pemerintah menjamin sesuai dengan koridor undang undang dan tugas saya juga sesuai dengan koridor Undang-Undang ASN," ujar dia.



Simak video ICW: KPK Terlalu Reaktif, Padahal Kritiknya Untuk Jokowi:


Selanjutnya
Halaman
1 2