Round-Up

Usulan Pansus Jiwasraya Kian Mengemuka

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 07:33 WIB
Kantor Pusat Jiwasraya. (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Masalah yang membelit PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menimbulkan dugaan korupsi di perusahaan pelat merah itu. Usulan dibentuknya panitia khusus (pansus) kian mengemuka.

Penasihat Fraksi Partai Gerindra DPR Fadli Zon mendesak pembentukan pansus agar kasus Jiwasraya bisa diungkap. Menurut Fadli, akan sangat baik jika DPR membentuk pansus di samping penyelesaian proses hukum yang tengah ditangani Kejaksaan Agung.

Menurut Fadli, ada kedaruratan agar segera melakukan investigasi kasus ini karena angka korupsi Jiwasraya mencapai puluhan triliun rupiah.

"Ini lebih besar dari (kasus) Century, ini di atas Rp 10 triliun. Jadi menurut saya sangat wajar jika dibentuk Pansus Jiwasaraya, Jiwasrayagate," kata Fadli di Restoran Raden Bahari, Jalan Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019).



Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan ada tiga fraksi yang mengusulkan pembentukan pansus untuk menyelidiki sengkarut keuangan Jiwasraya., salah satunya Gerindra. Namun, usulan pembentukan pansus akan dibahas lebih lanjut usai reses.

"Dalam rapim kita lihat berapa formalnya dan nanti ada rencana di Komisi XI di bawah saya dan Komisi VI diadakan rapat gabungan untuk itu," kata Dasco di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/12/2019).

Dasco menjelaskan usulan pembentukan pansus mencuat karena permasalahan keuangan Jiwasraya menyangkut lintas alat kelengkapan dewan (AKD). Ada tiga AKD yang berwenang menyelidiki masalah tersebut, yaitu Komisi VI, Komisi XI dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN).

Fraksi PKS menyambut baik usulan pansus Jiwasraya. Anggota Fraksi PKS DPR Hidayat Nur Wahid mengatakan pansus perlu dibentuk demi mengembalikan nama baik asuransi di Indonesia.



PKS meyakini pembentukan pansus Jiwasraya bakal terealisasi. Apalagi, kata dia, ada beberapa partai yang telah menyatakan setuju agar pansus Jiwasraya dibentuk.

"Jadi kalau melihat dari beberapa partai yang sudah menyampaikan setujunya, ini sudah melampaui, di atas separuh bahkan. Pengusulannya pun hanya diperlukan 40-an orang untuk mengusulkan. Itu insyaallah akan bisa dimulai," kata Hidayat di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta.



Simak juga video Demokrat Dukung Bentuk Pansus untuk Selesaikan Kasus Jiwasraya:


Selanjutnya
Halaman
1 2