Gus Dur dan Kisah Menteri Negara Ristek Dikalahkan Orang Madura

Erwin Dariyanto - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 05:57 WIB
Gus Dur. (Foto: getty images)
Jakarta -

Saat Haul ke-10 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pada Sabtu, 28 Desember 2019 pekan lalu, Inayah Wahid menceritakan soal sifat jenaka sang ayah. Menurut dia, joke yang baik bagi Gus Dur bukan yang menjatuhkan orang lain, tapi yang bisa menertawakan diri sendiri.

Pekan lalu, Inayah mengisahkan alasan Gus Dur selalu mengucapkan, 'Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh' saat membuka ceramah. "Bukan karena beliau adalah kiai tapi beliau butuh tahu ini ada yang datang apa nggak. Ini beliau sendiri yang cerita," kata Inayah.

Gus Dur memang dikenal sebagai sosok yang humanis dan humoris, bahkan ketika dia menjabat Presiden ke-4 pada tahun 1999 hingga 2001. Marwini, mengisahkan humor-humor Gus Dur dalam buku berjudul, Gus Dur Kisah-kisah Jenaka dan Pesan-pesan Keberagaman.


Ada sebuah guyon Gus Dur soal Menteri Negara Riset dan Teknologi yang dikalahkan oleh orang Madura. Hal itu dia sampaikan kepada AS Hikam yang pada 1999 - 2001 menjabat sebagai Menegristek.


Di awal diangkat sebagai Menegristek, AS Hikam bingung dengan jabatan barunya itu. Sebab selama 20 tahun jabatan itu diisi oleh orang hebat dan ahlinya, yakni Habibie. Maka dia pun menghadap Gus Dur untuk berkonsultasi.

Namun, AS Hikam justru mendapat jawaban yang membuatnya tertawa terpingkal-pingkal. "Sudah pernah dengar Menegristek dikalahkan orang Madura?" tanya Gus Dur kepada AS Hikam seperti dikutip dari buku berjudul Gus Dur Kisah-kisah Jenaka dan Pesan-pesan Keberagaman, karya Marwini.

"Belum Gus," jawab AS Hikam. Dia pun bertanya kepada Gus Dur tentang cerita tersebut.




Selanjutnya
Halaman
1 2