Polisi Sebut Pesepeda Bisa Ditilang Bila Tak Gunakan Jalur Khusus

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 30 Des 2019 16:54 WIB
Foto: Sepeda-sepeda yang ditabrak mobil di Sudirman (Dwi Andayani)
Jakarta - 7 pesepeda ditabrak pengendara mobil Avanza di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan pada Sabtu (28/12) pagi. Berkaca dari kasus itu, polisi mengingatkan kepada pesepeda untuk menggunakan jalur khusus sepeda. Sebab, pesepeda pun bisa ditilang bila tak menggunakan jalur sepeda.

"Untuk pesepeda sudah disiapkan jalur khusus, ada klausul pasal di 299 (UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) yang menyatakan bahwa apabila setiap orang yang mengemudikan kendaraan tidak bermotor yang tidak menggunakan jalur khusus. Apabila ada, maka dapat dilakukan penilangan, karena itu pelanggaran lalu lintas," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jl Letjen MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (30/12/2019).

Fahri kemudian menyinggung kebiasaan pesepeda yang menggunakan trotoar. Yang mana menurutnya, trotoar bukan hak untuk pesepeda, melainkan pejalan kaki.

"Kalau tidak ada jalur khusus maka dia akan menggunakan biasanya jalur trotoar, kalau trotoar nanti bisa juga mengganggu hak pejalan kaki. Kalau tidak menggunakan trotoar dia nanti menggunakan jalan raya, padahal di jalan raya hak pengendara motor," kata Fahri.

Fahri juga menyiroti masalah marka jalur sepeda di kawasan Sudirman. Pesepeda diimbau untuk memperhatikan marka jalan, sehingga tahu di mana yang boleh dan tidak boleh menggowes.




Tonton juga Soal Pesepeda Ditabrak, Polisi: Sebagian Tak Gunakan Jalur Sepeda :


Selanjutnya
Halaman
1 2