KALEIDOSKOP 2019

Deretan Tokoh Muslim Berpengaruh, dari Jokowi hingga Habib Luthfi

Lusiana Mustinda - detikNews
Minggu, 29 Des 2019 16:43 WIB
Habib Luthfi bin Yahya. Foto: Robby Bernardi/detikom
Jakarta - Tokoh muslim paling berpengaruh di tahun 2019 ada beberapa. Dari deretan nama tersebut juga terdapat tokoh muslim yang berasal dari Indonesia, siapa saja?

Tokoh muslim menjadi salah satu panutan banyak orang. Tidak hanya tutur katanya, akan tetapi juga ilmu yang diberikan.



Tak hanya tokoh muslim dunia, ada pula tokoh muslim yang berasal dari Indonesia seperti Habib Luthfi bin Yahya hingga Aqil Siradj.


Dirangkum detikcom, berikut deretan tokoh muslim paling berpengaruh di dunia :



1. Joko Widodo


Pusat Studi Strategi Islam (The Royal Islamic Strategic Studies Centre) di Amman, Jordania merilis 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia. Peringkat 50 besarnya diraih oleh beberapa tokoh Indonesia seperti Habib Luthfi bin Yahya, Joko Widodo hingga Said Aqil Siradj.

Dalam publikasi Pusat Studi Strategi Islam (The Royal Islamic Strategic Studies Centre) presiden Indonesia, Joko Widodo menempati posisi ke-13 dalam daftar 50 tokoh Islam paling berpengaruh.

Presiden Joko Widodo disebutkan menjadi presiden pertama yang bukan dari militer atau politik, melainkan hanya berlatar belakang keturunan Jawa. Joko Widodo memulai karier sebagai politisi saat menjadi Wali Kota Surakarta kemudian Gubernur DKI Jakarta dan kini menjadi Presiden dua periode.

Sering melakukan tradisi "Blusukan", lembaga ini menyebut Joko Widodo sebagai sosok yang dekat dengan rakyat.


2. Said Aqil Siradj

Said Aqil Siradj merupakan Ketua Umum PBNU yang menempati peringkat ke-19. NU ialah nama organisasi Muslim independen terbesar di Indonesia. Nahdlatul Ulama dianggap sebagai organisasi Islam tradisional dengan menekankan pendidikan dan keterlibatan politik berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

Sebelum menjadi ketua PBNU, Said juga bertugas di Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Indonesia.

Said Aqil juga mendirikan Said Aqil Center di Mesir sebagai pusat studi yang fokus dalam diskusi Islam.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3