Gubernur Sumsel Laporkan Serangan Harimau ke Menteri LHK

Raja Adil Siregar - detikNews
Minggu, 29 Des 2019 16:21 WIB
Herman Deru (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memberi perhatian khusus terhadap keresahan masyarakat terkait serangan harimau. Sebagai penanganan, ada delapan kamera dan box trap yang dipasang.

Selain pemasangan alat, Pemprov Sumsel juga telah membentuk satgas khusus yang terdiri atas BKSDA, Dinas Kehutanan dan berkoordinasi dengan camat serta kepala desa di daerah rawan untuk kemudian dilaporkan ke Menteri LHK.


"Masalah ini sudah saya sampaikan pada Menteri (Menteri LHK)," ujar Herman Deru ditemui wartawan di Palembang, Minggu (29/12/2019).

Saat ini tim satgas pun telah melakukan upaya pemasangan delapan unit kamera trap dan satu trap box. Pemasangan alat dilakukan di beberapa titik yang menurut laporan sering terlihat harimau sumatera.

Sementara itu, Kadis Kehutanan Provinsi Panji Tjajanto mengatakan pemasangan trap box dan camera trap sudah selesai. Selanjutnya akan ada rapat koordinasi terkait perkembangan di lapangan untuk daerah rawan harimau.


"Ada 8 kamera trap yang kita pasang dan 1 unit box trap di Semendo. Besok hari Senin akan ada rapat koordinasi di Pemkab Muaraenim untuk upaya penanganan konflik harimau dan manusia," kata Pandji.

Menurut Pandji, hal ini dilakukan Pemprov untuk melihat pergerakan harimau. Begitu juga upaya penanganan di lapangan yang harus dilakukan bersama-sama.

"Sesuai instruksi Pak Gubernur, tim satgas terus berkoordinasi dengan masyarakat. Saat ini, antisipasi dan penanganan dilakukan di titik-titik yang menjadi prioritas seperti Pagaralam, Lahat dan Muaraenim," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2