Kaleidoskop 2019

Momen-momen Pelantikan Penting Tahun 2019

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 14:28 WIB
Pelantikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden RI 2019-2024. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Sepanjang tahun 2019, negara tercinta kita ini telah melewati beberapa peristiwa politik bersejarah. Salah satunya ialah momen pelantikan para pejabat negeri ini.

Para pejabat inilah yang nantinya akan menentukan masa depan Indonesia lima tahun ke depan. detikcom merangkum kembali beberapa momen pelantikan selama 2019. Ini rangkumannya:


Pelantikan DPR, DPD, dan MPR


Sebanyak 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD masa bakti 2019-2024 resmi dilantik. Pelantikan digelar di Ruang Paripurna I, Gedung Kura-kura, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2019).

Masih pada hari yang sama, 575 anggota DPR dan 136 DPD itu kemudian dilantik lagi menjadi anggota MPR. Pelantikan ini pun dilanjutkan dengan pelantikan para pimpinan DPR. Mereka adalah Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dan Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel.


Selang dua hari, selanjutnya giliran pimpinan MPR yang dilantik. Mereka adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Wakil Ketua MPR Syarief Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Arsul Sani, dan Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad.


Pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin

Masih pada Oktober 2019, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.

Pengucapan sumpah berlangsung saat sidang paripurna MPR RI di gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). Jokowi mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru diikuti oleh Ma'ruf Amin.

"Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Jokowi.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3