Haul Ke-10 Gus Dur, Kapolda Metro Cerita Penangkapan Teroris Abu Zee

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 14:19 WIB
Kapolda Metro Jaya di Haul Gus Dur (Foto: Rahel/detikcom)
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono menghadiri peringatan Haul Ke-10 Presiden Ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Gatot bicara mengenai tiga tantangan kebudayaan yaitu politik identitas, radikalisme, dan media sosial.

"Mungkin bapak ibu mengingat. Akhir-akhir ini mungkin 2016 ke atas, politik identitas juga menguat dan lain sebagainya. Kenapa hal ini bisa terjadi, nanti saya akan mengaitkan bagaimana permasalahan-permasalahan ini dengan budaya-budaya yang kita miliki," kata Gatot di Masjid Jami Al Munawarah, di Jalan A Munawarah II, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12/2019).



Gatot menjelaskan bangsa Indonesia memiliki keberagaman etnis, agama, adat, serta budaya. Menurutnya, apabila perbedaan tersebut disalurkan dalam bentuk ujaran kebencian di sosial media akan menimbulkan konflik dalam bangsa Indonesia.

"Nah saya selalu menyampaikan ketika kita mengangkat perbedaan yang ada, kemudian perbedaan-perbedaan itu diungkapkan dalam bentuk ujaran-ujaran kebencian melalui media media sosial," kata Gatot.

"Ini dapat menimbulkan konflik horizontal mungkin kecil tapi lama kelamaan dia akan membesar dan bisa menimbulkan disintegrasi bangsa. Nah ini tantangan kita ke depan," sambungnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2