Kabareskrim Pastikan Tak Salah Tangkap Peneror Novel: Itu Pelaku Sesungguhnya

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 11:29 WIB
Foto: Kabareskrim Listyo Sigit Prabowo. (Hanif Mustafad-detikcom)
Jakarta - Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menegaskan pihaknya tidak salah tangkap pelaku penyiraman air keras ke penyidik KPK Novel Baswedan. Listyo Sigit memastikan RM dan RB merupakan pelaku sebenarnya.

"Itu teknis, kita yang paling penting yang kita yakinkan bahwa kita tidak salah tangkap dan itu adalah pelaku sesungguhnya," kata Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo di PTIK, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12/2019). Listyo saat menjawab pertanyaan wartawan soal pelaku teror ke Novel menyerahkan diri atau ditangkap.


RM dan RB ditangkap di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, pada Kamis (26/12). Keduanya merupakan anggota polisi aktif.

Tim advokasi Novel sebelumnya meminta Polri segera bergerak cepat. Salah satu hal yang diinginkan tim advokasi Novel adalah Polri mengungkap soal kabar kedua pelaku menyerahkan diri setelah lebih dari 2 tahun peristiwa teror itu.

"Kepolisian harus mengungkap motif pelaku tiba-tiba menyerahkan diri, apabila benar bukan ditangkap," ucap M Isnur sebagai salah satu anggota tim advokasi Novel dalam keterangannya, Jumat (27/12).


Isnur turut menyampaikan agar Polri mengungkap aktor intelektual di balik teror tersebut. Novel sendiri sempat menyebutkan ada oknum jenderal dalam kelindan kasusnya itu.

"Kepolisian harus segera mengungkap jenderal dan aktor intelektual lain yang terlibat dalam kasus penyiraman dan tidak berhenti pada pelaku lapangan," kata Isnur.



Perjalanan Kasus Novel Baswedan Hingga Pelaku Ditangkap:
(idh/mea)