MenPAN Diperintahkan Jokowi Bikin Roadmap Pengalihan ASN ke Ibu Kota Baru

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 19:46 WIB
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo (Marlinda/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. Tjahjo diminta membuat roadmap pengalihan pegawai kementerian/lembaga yang ada di Jakarta ke ibu kota baru yang terletak di Kalimantan Timur.

"Kami juga diminta oleh Pak Presiden lewat Menko menyiapkan roadmap pengalihan pegawai kementerian/lembaga yang ada di Jakarta ini, Jabodetabek, untuk nantinya dipindah ke ibu kota baru," kata Tjahjo di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (27/12/2019).


Dia mengatakan saat ini ada 28.000 pegawai kementerian/lembaga di Jakarta. Dia mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memindahkan pegawai tersebut secara serentak.

"Ada 28 ribu pegawai. Arahan presiden, serentak," ucap Tjahjo.

Dia menjelaskan, dari total 28.000 pegawai, ada sekitar 20 persen pegawai yang pensiun pada 2023. "Nah dari 28 ribu itu nanti 2023 ada 20% yang pensiun," kata Tjahjo.


Dalam pertemuan tersebut, dia juga menyinggung soal instansi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tjahjo menegaskan proses pengaturan yang ada tidak menyimpang dari undang-undang.

"KPK itu tidak sedikit pun kami menyimpang dari Undang-Undang KPK yang baru, termasuk yang menyangkut Undang-Undang ASN," kata Tjahjo.

Simak Video "Menakjubkan! Video Detail Konsep Nagara Rimba Nusa"


Selanjutnya
Halaman
1 2