Round-Up

Ratna Sarumpaet Bebas, Akan Tetap 'Ngegas'

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 07:09 WIB
Ratna Sarumpaet. (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Ratna Sarumpaet telah resmi bebas setelah menjalani hukuman 15 bulan penjara kasus hoax penganiayaan dirinya. Meski demikian, Ratna bakal tetap 'ngegas' ke pemerintah.

Kasus Ratna geger saat masa kampanye Pilpres 2019. Ketika itu, foto-foto Ratna dengan wajah lebam tersebar yang kemudian disebut-sebut menjadi korban penganiayaan.

Tapi belakangan, kabar Ratna dianiaya terbantahkan. Fakta sesungguhnya, wajah lebam Ratna karena operasi sedot lemak di pipi, pulang di Rumah Sakit Bina Estetika di Menteng, Jakarta Pusat yang dilakukan pada 21 September 2018. Pada saat itu, Polisi yang turun tangan melakukan penyelidikan menemukan sejumlah bukti berupa transaksi dari rekening Ratna ke klinik tersebut.



Hoax Ratna itu kemudian dibawa ke meja hijau. Ratna akhirnya divonis 2 tahun penjara. Hakim menyatakan Ratna Sarumpaet terbukti bersalah menyebarkan kabar bohong (hoax) penganiayaan. Dia dipidana dengan Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

"Menyatakan terdakwa Ratna Sarumpaet terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran rakyat," ujar hakim ketua Joni membacakan amar putusan dalam sidang vonis di PN Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Kamis (11/7/2019).

Kini, Ratna telah bebas. Dia kembali menghirup udara segar setelah menjalani resmi bebas pada Kamis (26/12). Dia bebas setelah mendapat SKPB dari Kemenkum HAM. Selain itu, Ratna mendapat remisi Idul Fitri dan 17 Agustus, sehingga jika dihitung, Ratna hanya menjalani kurungan selama 15 bulan penjara dari vonis yang dijatuhkan hakim selama 2 tahun penjara.



Ratna mengaku sangat bahagia setelah permohonan bebas bersyarat dikabulkan Kemenkum HAM. Ratna merasa lebih sehat.

"Sehat, gemuk. Di penjara kan nggak banyak bergerak, jadi sehat. Ya namanya orang bebas, ya," kata Ratna di kediamannya Jalan Kampung Melayu Kecil V, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).

Ratna mengaku ingin menghabiskan waktu bersama keluarga. Dia ingin menyegarkan pikiran setelah beberapa bulan mendekam di penjara.

Selanjutnya
Halaman
1 2