Diminta Hendropriyono Selesaikan Kasus Papua, Mahfud Md: Usulnya Kita Tampung

Rahel - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 16:12 WIB
AM Hendropriyono-Mahfud Md (Foto: dok. detikcom)
Jakarta - Mantan Kepala BIN HM Hendropriyono meminta Menko Polhukam Mahfud Md segera turun tangan mengatasi berbagai masalah di Papua, khususnya OPM Papua. Mahfud menghargai masukan tersebut.

"Baguslah. Pak Hendropriono kan senior. Dia pernah lama di pemerintah. Dia juga jenderal, dia di BIN. Jadi dia punya kapasitas untuk mengusulkan hal-hal seperti itu. Usulnya kita tampung," kata Mahfud Md dalam jumpa pers di sebuah kafe di Jalan Proklamasi, Jakarta, Kamis (26/12/2019).



Mahfud Md juga menyatakan sudah berbicara langsung dengan Hendropriyono dan membahasnya. Mahfud akan menindaklanjutinya.

"Oleh sebab itu, nanti dalam waktu tidak lama, tidak akan lebih dari dua hari, kami akan rapat lengkap untuk membahas segala masalah yang menyangkut itu tadi langkah-langkah komprehensif. Langkah langkah komprehensif itu, termasuk usulnya Pak Hendropriono, usulnya Pak Mendagri, usulnya Bappenas, usulnya Menteri Luar Negeri, semua ditampung di situ," ujar Mahfud Md.

Mahfud meminta semua elemen masyarakat memberi masukan soal Papua.

"Polisi, tentara, ayo bicara. Kita mau apa dalam--apa namanya--upaya langkah-langkah komprehensif dan terpadu tentang ini. Bagus. Terima kasih kepada Pak Hendropriono atas usulnya," tegas Mahfud Md.



Sebelumnya, AM Hendropriyono meminta semua jajaran di pemerintahan berpartisipasi menuntaskan OPM (Organisasi Papua Merdeka). Hendro menegaskan penuntasan OPM harus ditempuh lewat jalur diplomasi internasional, bukan hanya gerilya hutan.

"Perlu peran Menhan, Menko Polhukam, dan semuanya berpartisipasi menyelesaikan masalah ini. Karena OPM sudah lama bergerak di level politik dan diplomasi internasional," kata Hendropriyono kepada wartawan, Kamis (26/12/2019). (asp/aan)