Ratna Sarumpaet Bebas, Tulisannya di Penjara Jadi Pertimbangan Kemenkum

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 12:53 WIB
Ratna Sarumpaet (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Ratna Sarumpaet resmi bebas dari Lapas Perempuan Kelas II-A Pondok Bambu setelah permohonan bebas bersyaratnya dikabulkan Kemenkum HAM. Pengacara Ratna, Desmihardi, mengatakan karya tulisan Ratna di dalam penjara menjadi salah satu pertimbangan Kemenkum HAM mengabulkan permohonan bebas bersyarat Ratna.

"Kami ajukan (permohonan) begitu pas pindah ke Pondok Bambu. Sudah kami ajukan, udah sebulan yang lalu kami ajukan. Karena dua pertiga menjalani hukuman kita kan bisa dapat bebas bersyarat, mengajukan di Kemenkum HAM dan permohonan bebas bersyarat dikabulkan," kata Desmihardi saat dihubungi, Kamis (26/12/2019).

Desmihardi mengatakan salah satu pertimbangan permohonannya dikabulkan adalah Ratna berlaku baik selama di penjara. Selain itu, karya tulisan Ratna selama di penjara juga menjadi pertimbangan.



Namun Desmihardi tidak menjelaskan secara terperinci tulisan apa saja yang dibuat Ratna selama di penjara dan diserahkan ke Kemenkum HAM.

"(Pertimbangan) ya yang pasti berkelakuan baik. Terus ada karya kita yang selama kita di dalam (penjara) kita setorkan juga. Ibu Ratna menyampaikan karya itu tulisan dia," jelasnya.

"Iya, karya tulisannya dijadikan pertimbangan juga, sehingga permohonan bebas bersyarat beliau disetujui oleh Kemenkum HAM," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2