Tas Fotografer NatGeo Hilang di Bandara Bali, Foto Ratusan Spesies Ikut Raib

Indah Mutiara Kami - detikNews
Senin, 23 Des 2019 13:54 WIB
Ilustrasi / Bandara I Gusti Ngurah Rai (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Denpasar - Seorang fotografer National Geographic, Joel Sartore, kecurian tas di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Hard disk berisi ratusan spesies yang telah dipotret ikut hilang.

Joel Sartore adalah inisiator Photo Ark, proyek foto yang mendokumentasikan spesies-spesies Indonesia. Selama di Indonesia, Joel Sartore didampingi oleh tim dari ASA Film. Dia lalu menunjuk ASA Film untuk memberi penjelasan.

Berdasarkan keterangan tertulis dari ASA Film, Senin (23/12/2019), Joel Sartore sedang berada di Indonesia untuk memotret ratusan burung langka dan spesies lainnya. Setelah berkeliling Indonesia, dia transit di Bandara Internasional Ngurah Rai selama beberapa jam untuk kembali ke Amerika Serikat. Dalam rentang waktu itu, Joel Sartore dan rekannya makan di luar pintu masuk keberangkatan internasional. Dia meletakkan tas di atas troli yang hanya berjarak 6 langkah.



Saat mengalihkan pandangan selama beberapa detik, tas itu ternyata hilang. Peristiwa itu terjadi pada pukul 20.30-21.00 Wita.

Didampingi tim ASA Film, Joel Sartore lalu melaporkan kehilangan tas ini ke pihak berwajib dan mendapatkan potongan video CCTV yang memperlihatkan wajah pelaku. Tim ASA Film lalu menyebarluaskan foto pelaku dengan harapan tas itu bisa ditemukan.

"Tas berisi 3 buah kamera, 1 buah laptop, 3 buah hard disk eksternal, dan beberapa dokumen lainnya, seperti paspor. Namun, yang paling penting dari seluruh barang yang hilang adalah data. Data tersebut berisi 162 spesies yang difotonya di dalam waktu 2 minggu ia berada di Indonesia pada kedatangannya kali ini," ungkap ASA Film.



ASA Film menerangkan antara fotografer dan National Geographic sebenarnya sudah memiliki sistem back up data. Namun, karena data yang dimiliki Joel Sartore sangat banyak dan berkapasitas besar, data itu tidak bisa segera diunggah ke cloud karena membutuhkan jaringan internet yang kuat dan stabil. Di sisi lain, lokasi pemotretan juga bukan berada di daerah yang memiliki dan dilengkapi jaringan internet.

"Mengingat data yang hilang sangat penting dan dikhawatirkan beberapa hewan tersebut telah punah bila menunggu kedatangan Joel Sartore yang berikutnya ke Indonesia, maka Joel Sartore akan memberikan imbalan kepada siapa pun yang bisa mengembalikan laptop dan hard disk (HD) yang dicuri," jelas ASA Film.



Berikut ini spesifikasi laptop dan HD tersebut:

- MacBook Pro, serial number CO2NH1N763QN
- 3 buah (1 dan 2 TB) Silicon Power Rugged Portable External Hard Drive Armor A80 waterproof USB 3.0. Salah satunya adalah hard drive berwarna biru dengan label kertas putih bertuliskan JS 2016. (imk/fdn)