Kisah Inspiratif Jasa Desain Online Desainme.com dari Surabaya

Content Promotion - detikNews
Senin, 23 Des 2019 11:51 WIB
Foto: Dok, Pribadi
Foto: Dok, Pribadi
Jakarta - Bisnis online kreatif di Indonesia berkembang semakin pesat dan semakin banyak pebisnis online sukses bermunculan. Salah satunya adalah Trida Trisna, pendiri agency jasa desain desainme.com dari Surabaya. Hingga saat ini, desainme.com telah sukses membantu 11 ribu klien dengan proyek 150 desain per bulan.

Jumlah ini tentu tidak datang tiba-tiba. Trida bercerita dia dan tim harus bekerja keras melakukan promosi desainme.com. Terlebih untuk memasarkan jasa bisnis online kreatif terutama desain ke UMKM di sekitar domisili Trida. Mengingat, terbentuknya desainme.com dilatarbelakangi banyaknya UMKM di Sidoarjo yang memproduksi barang-barang bagus namun penjualan mereka terhambat karena packaging yang kurang menjual.

Di awal proses, Trida tertarik untuk promosi secara manual ke pelaku UMKM. Namun saat itu, dia ditolak sebab mereka merasa belum butuh jasa desain packaging. Trida melihat tidak ada peluang pasti untuk jasa desain di sekitar tempat tinggalnya. Karena itu, dia memulainya dengan mengunggah portofolio secara online.

"Itu awal mula berkembangnya desainme.com. Banyak yang tertarik contoh desain yang kami suguhkan," ujar Trida yang telah mendapatkan gelar sertifikasi dari adobe di dunia desain dalam keterangan tertulis, Senin (23/12/2019).

Desainme.com makin dikenal masyarakat. Banyak klien yang tertarik dan memesan jasa desain lalu kembali lagi untuk repeat order. Inilah yang membuat Trida percaya bahwa ada peluang di dunia bisnis online kreatif.

"Makin ke sini, kami semakin kewalahan dari UMKM, lalu dapat klien perusahaan bahkan sampai membantu artis yang sedang branding produk mereka," kata pria kelahiran 1992 itu.

Sampai saat ini, Trida tidak pernah melupakan UMKM. Bahkan untuk membantu meningkatkan skill desain pelaku UMKM, Trida membuat kelas edukasi khusus untuk pengusaha pemula dan pelaku UMKM. "Saya ingin mereka belajar soal bisnis online kreatif agar brand mereka lebih dipercaya dari sisi visual dan bisa bersaing secara global," ungkap alumnus Universitas Ma'arif Hasyim Latif.

Namun dibalik semua itu, pemuda yang menekuni desain sejak usia 22 tahun ini mengaku tidak sengaja berkenalan dengan bidang seni digital dan bisnis online kreatif. Saat itu karena faktor ekonomi keluarga, dia butuh uang tambahan untuk keperluan kuliah. Trida bekerja di perusahaan digital printing.

"Saya buta sama sekali tentang desain ataupun ilmu branding. Tapi saya belajar, belajar, dan belajar. Perlahan saya memahami dan mempelajari desain dengan secara profesional," cerita Trida yang juga salah satu alumni Digimaru yang sukses di agency digital marketing.

Trida membeberkan rahasia untuk siapa pun yang ingin mencoba bisnis online kreatif. Kuncinya adalah konsisten. "Usaha jatuh bangun itu lumrah," katanya.

"Sekarang adalah awal mula yang baik karena semua bisa diakses dengan cukup cepat dan luas di dunia digital. Tergantung kita dapat memanfaatkannya itu sebagai peluang atau tidak," imbuh dia.

Trida merupakan 1 dari sekian banyak pebisnis online kreatif yang sukses mengejar passionnya. Dia juga sukses membantu pelaku-pelaku UMKM di Sidoarjo yang terhambat penjualannya karena desain packaging yang kurang menjual. (ads/ads)