Peringatan Hari Ibu, Stafsus Jokowi Bicara Perempuan Disabilitas Mandiri

Andhika Prasetia - detikNews
Minggu, 22 Des 2019 15:25 WIB
Foto: Peringatan Hari Ibu, Stafsus Jokowi, Angkie Yudistia Bicara Perempuan Disabilitas Mandiri (Andhika-detikcom)
Jakarta - Staf Khusus Presiden Jokowi, Angkie Yudistia menceritakan perjuangannya untuk menciptakan peluang usaha dan menjadi perempuan disabilitas mandiri. Pengalamannya sebagai penyandang disabilitas memotivasi Angkie untuk tampil berbeda.

"Seperti teman semua tahu bahwa aku sebagai seorang disabilitas, mungkin tidak terlihat, tapi aku harus pakai alat bantu dengar," ujar Agnkie dalam peringatan hari ibu bertema 'Perempuan Hebat untuk Indonesia Maju' di Ritz Carlton Jakarta, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (22/12/2019).

Angkie kemudian menceritakan awal mula dirinya tidak bisa mendengar. Awalnya Angkie mengaku kesulitan dengan kondisi tersebut.

"Ketika aku itu memang lahirnya sama seperti lainnya, hingga pada usia 10 tahun aku demam tinggi, yang mengakibatkan saraf yang tidak bisa mendengar. Karena tahu banget sebagai perempuan yang berkebutuhan kusus ini sulit banget untuk bisa hidup mandiri," ujarnya.



Menurut Angkie, ada beberapa tantangan yang dihadapinya untuk tampil mandiri. Lingkungan yang tidak mendukungnya sering ditemui Angkie serta minimnya kepercayaan yang diberikan pada dirinya.

"Karena pertama lingkungan yang kurang mendukung, kedua kepercayaan. Tidak semua percaya tentang kemampuan disabilitas. Ketiga adalah kesempatan itu tidak semua orang bisa memberikan kesempatan teman disabilitas. Disabilitas itu macam-macam. Ada yang tidak bisa mendengar, melihat, sensorik, motorik," ungkapnya.


Tonton juga Stafsus Milenial Angkie Yudistia Ingin Difabel Maju Pilkada 2020 :


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3