Dewan Pengawas KPK Dinilai Kredibel

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 12:03 WIB
Foto: Dewan Pengawas KPK (Antara Foto)
Jakarta - Ketua DPP Partai Gerindra Hendarsam Marantoko menilai sosok anggota Dewan Pengawas KPK memiliki kredibilitas. Dia menganggap Dewas KPK tak perlu diragukan.

"Saya melihatnya secara pribadi ketika melihat lima profil yang ditunjuk pada saat ini, keraguan itu untuk sementara sih rendah. Jadi saya harus berpikiran baik bahwa kelima figur yang ditunjuk itu mempunyai integritas dan kredibilitas yang lebih dari cukup," kata Hendarsam dalam diskusi Polemik di Hotel Ibis, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (21/12/2019).

Baca juga: Dewas 'Wow' KPK



Hendarsam mengatakan, Dewas KPK harus dipercaya untuk bekerja sebelum dinilai. Dewas disebut Hendarsam juga tidak akan mencampuri urusan penyelidikan dan penyidikan.

"Memang benar kalau dicari-cari manusia kan pasti ada salahnya saja, tapi kita lihat dulu dalam case apakah kelima Dewan Pengawas ini bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan benar, dan jangan lupa Dewan Pengawas sudah mengatakan bahwa mereka tidak akan mencampuri urusan penyidikan dan penyelidikan," ujarnya.




Sementara soal penyadapan yang harus seizin Dewas, Hendarsam menyebutnya sebagai prosedur semata.

"Selama ini juga memang apakah para penyelidik itu tidak berkoordinasi dengan atasannya? berkoordinasi juga, meminta izin juga. Yang saya pertanyakan ketika meminta izin pada atasannya, memberitahukan kepada atasannya ada nggak case nya selama ini bocor? kan nggak juga," ucapnya.

"Kita tidak bisa memungkiri ada suara-suara yang sedikit minor terkait dengan masalah penegakan hukum yang dilakukan KPK, nah ini yang mungkin difasilitasi. Pada prinsipnya saya pribadi sangat mendukung bahwa KPK sekarang ini merupakan superstar dalam penegakan hukum pemberantasan korupsi, kita kasih kesempatan dulu," imbuhnya.




Berharap Angin Segar di Tubuh Baru KPK:

[Gambas:Video 20detik]



(abw/fdn)