Round-Up

Harjono, Dari Pengadil Pemilu Jadi Pengawas KPK

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 21:17 WIB
Foto: Anggota Dewan Pengawas KPK, Harjono (Antara Foto)
Jakarta - Harjono resmi bertugas sebagai Anggota Dewan Pengawas KPK. Sebelum menjadi anggota Dewan Pengawas KPK, Harjono merupakan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang bertugas mengadili masalah terkait penyelenggara pemilu.

Tugas baru Harjono ini resmi disandangnya usai mengucapkan sumpah di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019). Pembacaan sumpah ini dilakukan bersama empat Anggota Dewan Pengawas KPK lainnya, Tumpak Panggabean, Artidjo Alkostar, Alberitna Ho dan Syamsuddin Haris.

Sebelum menjadi Ketua DKPP, Harjono pernah menjadi Hakim Konstitusi yang salah satu tugasnya adalah mengadili sengketa hasil Pemilu. Dia bertugas di MK sejak 2009.


Pria kelahiran Nganjuk, Jawa Timur, 31 Maret 1958 ini merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga, tempat yang sama saat dia mendapat gelar doktor.

Mantan anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia ini bahkan juga meraih beasiswa kuliah master di Southern Metodist University, Dallas, Texas, Amerika. Di sana dia menempuh program Master of Comparative Law. Harjono juga pernah menjadi anggota MPR sebagai utusan daerah Jawa Timur.

Usai pengambilan sumpah, Harjono mengatakan tugas Dewan Pengawas KPK adalah memastikan tak ada obral penyadapan dalam perkara yang ditangani KPK. Harjono mengatakan pemberian kewenangan penyadapan akan disesuaikan dengan kebutuhan.

"Itu kan nanti dalam pandangan saya, dilihat case per case, kasus per kasus. Memang tugas kita kan salah satu di antaranya adalah jangan sampai kemudian obral penyadapan. Oleh karena itu kita harus melihat setiap penyadapan itu. Tapi kalau memang itu diperlukan, kenapa tidak," kata Harjono.
Selanjutnya
Halaman
1 2