2 Dekade di Ruko, Kini Jemaat Santa Clara Bekasi Rayakan Natal di Gereja

Yoki Alvetro - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 16:41 WIB
Foto: Natal pertama Gereja Santa Clara, Kota Bekasi. (Yoki Alvetro/detikcom)
Jakarta - Ujung perjuangan jemaat Gereja Santa Clara, Bekasi berakhir dengan rasa syukur. Mereka akhirnya punya gereja sendiri setelah 20 tahun beribadat di kapel yang terletak di ruko dekat Pasar Taman Wisma Asri. Natal tahun ini pun istimewa karena ini merupakan Natal pertama yang mereka rayakan di gereja.

"Ketika Gereja ini diresmikan, haru saya memuncak karena sejarahnya, refleksinya karena saya terlibat secara langsung," kata Pastor Paroki Gereja Santa Clara Romo Raymundus Sianipar OFM Cap di lokasi Gereja Santa Clara, Jl Lingkar Utara, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jumat (20/12/2019).



Dia masih ingat betul bagaimana suasana natalan di ruko beresama jemaat tiga gereja yang mengapit di lokasi. Semua antusias merayakan Natal, bahkan perayaan sampai luber ke arah pasar. Namun dia bersyukur orang-orang pasar memaklumi aktivitas setahun sekali itu.

"Semuanya kita bikin tenda. Yang disyukuri pengertian penduduk sekitar ruko, bahwa karena Natal yang sekali setahun, ya sudah. Bahkan aktifitas mereka terganggu, tapi karena ini sudah lama, mereka sudah punya pemahaman," kata Raymundus Sianipar.



Perayaan Natal di kapel dengan tenda di depan ruko itu rentan terhadap cuaca yang tidak menentu. Namun umat tetap semangat.

"Syukur-syukur kalau cuaca baik, kalau cuaca hujan, angin, ya sudah, mau apa. kita menerima situasi yang terbatas itu, tapi juga saya melihat umat itu tetap semangat datang merayakan imannya, dalam Natal dan perayaan lain," kata dia.


Tonton juga Keceriaan Kaum Disabilitas Ikut Pekan Olahraga Autis di Bekasi :


Selanjutnya
Halaman
1 2