BNN Sebut Manggarai Jadi Titik Rawan Peredaran Narkoba di Jaksel

Kadek Melda - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 23:47 WIB
Foto: Kadek Melda
Jakarta - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Selatan memetakan ada sejumlah wilayah di Jakarta Selatan yang rawan peredaran narkoba. Salah satunya di kawasan Manggarai, Setiabudi, yang juga dikenal sering terjadi tawuran.

"Daerah rawan kita itu salah satunya masih di Manggarai, Manggarai Selatan, sama Pasar Manggis. Itu daerah rawan dan itu survei BNN pusat yang kalau di Jaksel itu," kata Kepala BNNK Jakarta Selatan AKBP Mohammad Nasrun di kantor BNN, Jalan Prapanca Raya, Kebayoran Baru, Jaksel, Kamis (19/12/2019).

Sementara itu, peredaran narkoba berlangsung secara diam-diam. "Kalau masalah penyebaran itu kan dia sistemnya silent, bisa saja di Kemang, bukan berarti Kemang rawan. Tapi, kalau kita hitung, misalnya, bila jadi tempat hiburan atau kafe, bahkan bisa jadi menggunakan itu nggak di tempat hiburan, menggunakannya di rumah/apartmen," tuturnya.



Penyalahgunaan narkoba paling banyak dilakukan oleh kalangan pekerja. Narsun menyebut hanya 22 persen pelajar dan mahasiswa yang menggunakan narkoba.

"Secara global, di Indonesia itu penyalah-guna narkotika itu adalah kaum pekerja. Ini bisa kita pahami karena, kasarnya, para bandar itu nggak mau repot kalau diundangkan. Jadi mereka terkena, begitu gajian, bisa beli. Sayangnya, ada kaum pelajar dan mahasiswa dan sisanya sekitar 22 persen itu kalangan masyarakat biasa baik yang bekerja maupun tidak," paparnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2