Round-Up

Saran Jokowi Dijawab Anak Buah Anies

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 21:30 WIB
Presiden Jokowi (Andhika Prasetya/detikcom)


Saran Jokowi itu langsung dijawab oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta. Pihak Dinas SDA mengaku sudah menjalankan saran dari Presiden Jokowi untuk membersihkan got dan waduk sebelum diminta.

"Sudah dari bulan Juni. Belum disuruh kita sudah kerjakan duluan. Nggak pakai disuruh," ucap Kepala Dinas SDA Juaini Yusuf.


Saran Jokowi Dijawab Anak Buah AniesPetugas Damkar membersihkan jalan dari lumpur sisa banjir di Jaksel (Rengga Sancaya/detikcom)


Juaini juga menyatakan DKI Jakarta sudah bersiap menjelang puncak musim hujan, yang diprediksi terjadi pada Januari 2020. Petugas hingga pompa sudah disiagakan di lokasi-lokasi rawan banjir.

"Semua personel yang ada di SDA siap jaga dari kemarin-kemarin. Petugas pompa mobil sama satgas-satgas yang ada di lima wilayah semuanya sudah standby. Pengerukan sudah jalan terus dan memang sudah rutin mereka, satgas," kata Juaini.

Dia menegaskan pengerukan waduk ataupun saluran air selalu dilakukan rutin oleh petugas dari Dinas SDA. "Jadi nggak harus menunggu musim hujan baru dikeruk, nggak. Sebelum-sebelumnya sudah dikeruk karena sudah tugas rutin," katanya.



Dia juga menjelaskan dugaan penyebab banjir di DKI. Menurutnya, banjir diduga terjadi karena ada material proyek yang belum tuntas hingga menyumbat saluran air. Dia menyebut Dinas Bina Marga sudah diminta menyingkirkan material proyek itu agar tak memicu banjir.

"Ya memang tadi juga habis dibahas ya memang karena ada beberapa pekerjaan yang belum selesai ada bahan material di lokasi bisa juga mengakibatkan saluran tersumbat. Material di situ," kata Juaini.
Halaman

(haf/haf)