Komisi V Dorong Gubernur Sulsel Ajukan Renovasi Mattoanging ke Bappenas

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 19:57 WIB
Pertemuan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dengan anggota Komisi V DPR. (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Makassar - Komisi V DPR RI, yang membidangi infrastruktur, menyambut baik rencana Pemprov Sulsel merenovasi Stadion Andi Mattalatta, Mattoanging. Komisi V mengajak Pemprov Sulsel mengajukan proposal ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Stadion itu, karena anggarannya cukup besar, saya mohon Pak Gubernur bisa memberikan saya proposal yang lengkap untuk kita masukkan sama-sama ke Bappenas dulu," ujar anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Rabu (18/12/2019).

Hamka meminta Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah tidak langsung mengajukan rencana renovasi Mattoanging ke Menteri Keuangan Sri Mulyani. Hal ini karena rencana bantuan dana renovasi Mattoanging ke pemerintah pusat harus melalui proses Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (KRISNA) di Bappenas.




"Kalau Menteri Keuangan langsung menolak, karena harus melalui proses KRISNA dulu untuk kemudian dianggarkan dananya," kata Hamka, yang merupakan anggota Fraksi Golkar dari Dapil Sulsel.

Dalam rapat bersama Komisi V DPR RI di Rujab, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sempat meminta dukungan Komisi V untuk mendorong pemerintah pusat membantu renovasi Mattoanging.

"Sulawesi Selatan ini punya sejarah panjang persepakbolaan. Jujur saja, satu-satunya stadion yang masih beratap seng itu adalah stadion di Makassar (Mattoanging)," kata Nurdin kepada anggota Komisi V DPR.

Nurdin menunjukkan rencana desain Stadion Mattoanging yang baru. Pemprov akan memulai renovasi Mattoanging dengan dana Rp 200 miliar dari APBD 2020. Nurdin menegaskan anggaran yang dikeluarkan Pemprov masih butuh bantuan pemerintah pusat.




"Saya kira anggaran tersebut sangat tidak cukup dan mohon support karena ini juga menjadi salah satu kebutuhan masyarakat Sulawesi Selatan," ujarnya.

Terlebih, Pemprov Sulsel berencana mengajukan diri sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON). Untuk itu, stadion dengan standar internasional dibutuhkan.

"PON pertama itu di Sulawesi Selatan. Kita berharap mudah-mudahan stadion kita bisa selesai dalam waktu yang cepat sehingga kita juga bisa dilibatkan dalam (PON) dan event-event internasional nanti," tuturnya.




Tonton juga video Kilas Balik 73 Tahun Lalu, Pembantaian 40 Ribu Jiwa Rakyat Sulsel:

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/fdn)