Jokowi Usulkan Artidjo-Ruki Jadi Calon Dewas, Ini Respons KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 15:27 WIB
Foto: Erliana Riady/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut nama mantan Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar, mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, hingga hakim Albertina Ho menjadi calon Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan dewas KPK harus mempunyai komitmen pemberantasan korupsi.

"Kalau bocoran, saya nggak mau komentar lah nanti yang diumumkan siapa. Kalau bocoran sih, saya sih nggak peduli siapa yang nanti akan duduk jadi Dewan Pengawas, yang penting dia punya komitmen yang sama untuk memberantas korupsi," kata Alex di gedung ACLC KPK Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (18/12/2019).


Alex, yang merupakan satu dari lima Pimpinan KPK terpilih periode 2019-2023, berharap Presiden Jokowi memilih Dewas KPK yang memiliki komitmen kuat dalam pemberantasan korupsi. Menurutnya, agar pilihan Jokowi nanti sejalan dengan komitmennya dalam pemberantasan korupsi.

"Harapan presiden kan gitu juga, jelas kok pesan saat melantik kabinet itu apa? Jangan korupsi, artinya komitmen presiden itu yang harus kita pegang. Makanya kalau presiden mengangkat Dewas kita harapkan punya komitmen yang sama dengan presiden untuk memberantas korupsi," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2