Temui Wapres Ma'ruf, Menag Diperingati soal Pengelolaan Dana Haji

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 13:15 WIB
Menag Fachrul Razi (Yoki Alvetro/detikcom)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden pagi tadi. Ditemui seusai pertemuan tersebut, Fachrul mengaku mendapat arahan agar dana haji dapat dikelola dengan baik.

"Tadi Rapat Kerja Dana Haji ya, bagus. Tadi Pak Wapres juga memberikan arahan supaya betul-betul dikelola dengan baik, dengan aman. Kemudian usahakan asas kemanfaatannya semakin tinggi untuk membantu jemaah haji," kata Fachrul di kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jalan Lapangan Banteng Barat, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019).

Kegiatan ini juga dihadiri beberapa pengurus Badan Pengelola Keuangan Haji. Fachrul mengatakan dalam forum tersebut bahwa kuota haji tahun ini tidak mengalami kenaikan, namun terdapat beberapa perubahan.


"Tadi saya informasikan juga ke forum itu bahan rapat mereka bahwa kuota haji tidak ada kenaikan, tetap 221 ribu. Tapi ada tambahan, kita minta tambahan, dia kasih tambahan 10 ribu. Insyaallah jadi 231 ribu. Tapi beda ya, 221 ribu kuota, 10 ribu tambahan karena dia bilang nggak boleh digabung, kuota itu yg menentukan OKI (Organisasi Kerja Sama Islam)," sambungnya.

Selain membahas kuota haji, Fachrul mengatakan ada beberapa kemudahan yang akan didapat jemaah haji Indonesia tahun ini. Salah satunya soal sisi efektivitas waktu yang lebih cepat.

"Yang lain-lain banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan. Fast track itu hanya ada di lintas cepat itu hanya ada di Cengkareng sehingga dengan itu mereka sampai di Jeddah atau sampai di Madinah langsung turun, langsung naik bus, nggak melalui imigrasi lagi, kali ini kita minta tambahan ada di Surabaya juga gitu. Kemudian tahun ini kita usahakan untuk menggunakan (Bandara) Kertajati juga," jelas Fachrul.


Terkait pengelolaan proses keberangkatan jemaah haji ini, Menag memang telah bertemu dengan sejumlah pihak beberapa waktu lalu. Salah satunya dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait pemberangkatan jemaah haji tahun 2020 melalui Bandara Kertajati.

"Lengkap tadi ya, beliau menteri perhubungan, kementerian agama, tadi beliau langsung bawa juga wakil Pemda Jawa Barat, dari Garuda, dari banyak semua yang terkait kita bawa semua. Kami sepakat bahwa tahun ini kami langsung memberangkatkan dari Kertajati," kata Fachrul setelah bertemu dengan Menhub, Jumat (6/12). (jef/elz)