PDIP Wanti-wanti Wacana Interpelasi Gubernur Sumbar Bikin Warga Terbelah

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 13:11 WIB
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - PDIP menganggap wacana interpelasi terhadap Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno sah-sah saja. Namun PDIP mengingatkan tensi politik tinggi menjelang pilkada dan khawatir bisa membuat warga terbelah.

"Dari sisi materi, koridor, dan mekanisme, itu sah-sah saja. Tapi kita harus menyadari ini sudah mau pilkada, tensi politik bisa meningkat. Jangan sampai masyarakat terbelah. Kita sudah punya pengalaman di pilpres lalu," kata Ketua Fraksi PDIP-PKB Albert Hendra Lukman kepada detikcom, Rabu (18/12/2019).


Menurut Albert, hingga kini belum ada komunikasi dari Gerindra kepada fraksinya terkait rencana interpelasi tersebut. Dia mengatakan semua yang dilakukan gubernur memang merupakan hal yang layak dipertanyakan.

"Prinsipnya kita pertanyakan semua yang dilakukan gubernur. Apa pun, termasuk perjalanan luar negerinya," tuturnya.

Dia mengatakan sebaiknya semua pihak bisa menggunakan cara elegan untuk mempertanyakan perjalanan ke luar negeri Gubernur Sumbar. Tujuannya, agar tidak muncul kehebohan.

"Kalau masih bisa dilakukan dengan cara-cara lain di luar interpelasi, kenapa tidak? Rapat konsultasi pimpinan misalnya atau cara-cara lain yang tidak menimbulkan kehebohan," kata dia.

"Nah, ini kan bisa bikin gaduh. Kalau memungkinkan dengan cara tak heboh, kenapa tidak? Jauh lebih elegan," sambung Albert.