Hadapi Pilkada 2020, Bawaslu Luncurkan Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 22:02 WIB
Bawaslu Luncurkan SIPS Untuk Hadapi Sengketa Pilkada 2020 (Rolando/detikcom)
Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meluncurkan Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS). Sistem informasi ini disiapkan untuk menghadapi sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Peluncuran SIPS dilakukan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (17/12/2019). SIPS diluncurkan oleh Ketua Bawaslu Abhan ditemani oleh sejumlah Anggota Bawaslu Mohchammad Afifuddin, Ratna Dewi Pettalo, Rahmat Bagja, Fritz Edward Siregar, Komisioner KPU Hasyim Asy'ari, dan dihadiri Ketua Bawaslu daerah dari seluruh Indonesia.

"Hari ini kami me-launching SIPS dalam rangka untuk bagaimana meningkatkan untuk para pencari keadilan di dalam mencari keadilan," kata Abhan dalam sambutannya.



Bercermin dari permohonan sengketa pada Pemilu 2019 dan pilkada pada tahun-tahun sebelumnya, Abhan mengatakan ada potensi cukup besar permohonan sengketa pada Pilkada 2020 nantinya. SIPS ini pun menjadi persiapan bagi Bawaslu untuk menghadapi potensi permohonan sengketa tersebut.

"Dari data yang kami himpun pada pemilu 2019 ini yang baru saja selesai ada setidaknya 818 persoalan sengketa yang terdiri dari di Bawaslu pusat ada 48 kemudian di Bawaslu provinsi ada 770 maupun di kabupaten/kota. Saya kira jumlah yang signifikan," ujar Abhan.



Selanjutnya
Halaman
1 2