Warga Gowa Serahkan Badik dan Busur Panah ke Polisi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 11:45 WIB
Foto: DOK. Kepolisian/ Kapolres Gowa AKBP Boy Samola mengimbau warga Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) agar tidak lagi membawa senjata tajam seperti badik saat bepergian
Gowa - Kapolres Gowa AKBP Boy Samola mengimbau warga Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) agar tidak lagi membawa senjata tajam seperti badik saat bepergian. Pemilik badik diminta menyerahkan senjata tajam itu ke kantor polisi terdekat.

"Budaya membawa senjata tajam di Gowa kita mau hilangkan. Senjata tajam itu kan tidak bisa dibawa sembarangan," ujar pejabat Humas Polres Gowa, AKP Mangatas Tambunan, saat dihubungi, Selasa (17/12/2019).

Menurut Tambunan, imbauan menyerahkan senjata tajam tersebut sudah dikaji dengan matang serta bekerja sama dengan perangkat pemerintah setempat.





Warga Gowa Serahkan Badik dan Busur Panah ke PolisiFoto: DOK. Kepolisian/ Kapolres Gowa AKBP Boy Samola mengimbau warga Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) agar tidak lagi membawa senjata tajam seperti badik saat bepergian


"Yang diminta diserahkan itu seperti badik, busur. Yang tidak --diminta serahkan-- itu senjata pusaka, itu kan tidak. Tetapi kalau memang itu pusaka dari orang tua, dia kan bisa mendaftarkan ke kepolisian untuk dibuatkan surat keterangan dan bisa dipakai untuk saat-saat tertentu, seperti acara adat," kata Tambunan.

Tambunan menjelaskan, imbauan tersebut untuk memastikan pencegahan keributan antar warga.

"Iya itu kita mau mengantisipasi kejahatan, minimalisir, jangan hanya karena salah paham sedikit, badik yang bermain," tegasnya.




Kini imbauan tersebut diminta diterapkan di setiap Polsek di Gowa.

"Besok bisa diserahkan semua (penyerahan sajam dari Polsek ke Polres), mau kita upacarakan, upacara penyerahan senjata tajam," katanya.




Tonton juga video Pengeroyok Pegawai Bank di Makassar Caleg DPRD Gowa:

[Gambas:Video 20detik]



(fdn/fdn)