Moeldoko Video Conference Profesor Harvard, Diskusi Formula KKR Terbaik

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 16 Des 2019 21:24 WIB
Moeldoko melakukan video conference dengan Prof Martha L Minow dari Harvard University (Kanavino/detikcom)
Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, melakukan video conference dengan Profesor Martha L Minow dari Harvard University. Moeldoko mendiskusikan soal formula terbaik Komisi Kebenaran Rekonsiliasi (KKR).

Video conference digelar di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019). Moeldoko mengatakan kegiatan ini berawal dari usulan Menko Polhukam Mahfud Md mengenai penghidupan kembali KKR.

"Pertama berawal usulan dari Kemenko Polhukam untuk membuka kembali UU KKR, KSP mendukung penguatan substansi KKR yang menjembatani perspektif hukum internasional melalui konsultasi dengan ahli yang pernah meneliti tentang KKR di berbagai negara, dan saya juga sudah laporkan kepada presiden atas apa yang kami lakukan pada malam ini," kata Moeldoko.


Moeldoko berharap KKR dapat merefleksikan praktik penyelesaian kasus di berbagai negara. KKR juga diharapkan dapat memenuhi rasa keadilan masyarakat.

"RUU KKR nantinya diharapkan dapat merefleksikan berbagai praktik baik yang sudah diterapkan di berbagai negara, diformulasikan sehingga tidak akan mengorbankan rasa keadilan yang juga diragukan sebagian pihak," ujar dia.

Moeldoko Video Conference Profesor Harvard, Diskusi Formula KKR TerbaikMoeldoko mendiskusikan soal formula terbaik Komisi Kebenaran Rekonsiliasi (KKR) dengan Prof Minow (Kanavino/detikcom)

Menurut Moeldoko, ada dua poin utama yang akan dibahas bersama Profesor Minow. Dari diskusi itu, Moeldoko berharap ada rumusan KKR yang bisa diterapkan di Indonesia.