Nadiem Teken Permendikbud, Aturan Soal Pengganti UN 2021 Belum Dimasukkan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 16 Des 2019 16:59 WIB
Nadiem Makarim (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meneken Peraturan Mendikbud (Permendikbud) baru. Namun Permendikbud ini masih belum menyertakan peraturan soal pengganti Ujian Nasional (UN) yang berlaku mulai tahun 2021.

Peraturan yang diteken Nadiem itu adalah Permendikbud 43/2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. Permendikbud itu diteken pada 10 Desember 2019.

Salah satu aturan yang dimuat di Permendikbud 43/2019 ini adalah tentang ujian sekolah atau 'Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan'. Permendikbud mengatur bahwa ujian sekolah dapat berupa portofolio, penugasan, tes tertulis, atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan Satuan Pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.


Pasal 6 Permendikbud juga menyebutkan syarat kelulusan peserta didik. Berikut bunyinya:

Pasal 6

(1) Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah:
a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b. memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan
c. mengikuti Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan.

(2) Kelulusan peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan oleh satuan/program pendidikan yang bersangkutan


BAB III Permendikbud itu juga memuat soal Penyelenggaraan Ujian Nasional. Dalam aturan itu, Ujian Nasional (UN) masih diselenggarakan di akhir jenjang serta masih berupa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau UN berbasis kertas. Belum ada keterangan soal Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter yang sebelumnya dipaparkan Nadiem sebagai pengganti UN mulai 2021.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3