Damkar Bekasi Temukan 30 Cangkang Telur Ular Kobra di Perumahan Warga

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 16 Des 2019 14:05 WIB
Foto: Telur ular buyuh (dok.istimewa)
Bekasi - Damkar Kota Bekasi menemukan sejumlah cangkang telur di kompleks perumahan warga di Bekasi, Jawa Barat. Telur-telur itu diyakini merupakan telur ular kobra.

"Ada 30 telur yang sudah menetas semua," ujar Pelaksana Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Eko Uban, kepada detikcom, Senin (16/12/2019).

Telur ular itu ditemukan di sebuah perumahan di Jalan Underpass, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Minggu (15/12). Telur yang ditemukan petugas Damkar berbentuk oval menyerupai telur burung puyuh.




"(Telur ditemukan di) tanah di perumahan itu sedang ada pembangunan rumah lagi. Perumahan baru, nah kata tukangnya itu katanya dia lagi gali, ada ular indukan, dicari dan ditelusuri lubangnya ternyata ada telurnya yang sudah menetas semua," sebut Eko.

Damkar pun mengevakuasi telur-telur yang sudah menetas itu secara manual. Cangkang telur ular itu pun dibuang.

Di tempat yang sama, petugas Damkar juga mengamankan 6 anak ular kobra. "Kita gabung (berikan) sama pencipta reptil (Kota Bekasi," ungkap Eko.

Ia mengimbau agar warga membersihkan tumpukan-tumpukan barang di rumah masing-masing, dimana hal itu berpotensi sebagai sarang ular.

"Kemudian sering membersihkan dengan nyapu ngepel atau menggunakan wipol atau karbol. Kalau mau bagus lagi pakai karbol yang khusus bau sereh atau kita punya lahan kosong kita tanam pohon sereh saja, ular takut," lanjut Eko.
Halaman

(isa/mea)