Bekasi Kini Punya Kapal 'See Hamster' untuk Bersihkan Sampah di Sungai

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 16 Des 2019 10:29 WIB
Foto: Launching kapal See Hamster (Isal Mawardi/detikcom)


Teknisnya kapal akan menyisir sepanjang sungai di Bekasi, salah satunya Kali Bekasi. Kapal dapat dimodifikasi menggunakan jaring ataupun sekop sesuai kebutuhan.

"Kapal ini 'tuh bisa bongkar pasang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan bisa dipasang macam-macam. Ada jala, ada sekop," tutur Bijaksana.

Area pengumpulan sampah direncanakan di tiga lokasi yakni Kemang, Rawa Panjang, dan Shipon. Sementara lokasi dermaga berada di Kampung Poncol Barat dan Jalan Delta Timur. Pengadaan kapal ini juga didukung oleh lembaga Greencycle-Schwarz dan One Earth One Ocean.

Sebelumnya, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Kota Bekasi menggunakan alat tradisional berupa jaring dan bambu saat membersihkan aliran sungai. Dengan adanya kapal pengangkut sampah ini diharapkan dapat membantu petugas kebersihan untuk membersihkan sampah secara efektif dan cepat.

Menurut data Waste4change, sampah yang dihasilkan Kota Bekasi mencapai 1.913 ton/hari dengan potensi sampah yang terbuang ke laut mencapai 775 ton/hari. Angka tersebut cukup fantastis jika dibandingkan jumlah sampah ibu kota DKI Jakarta yang terbuang ke laut, yakni 356 ton/hari.



Halaman

(isa/mea)