Bekasi Kini Punya Kapal 'See Hamster' untuk Bersihkan Sampah di Sungai

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 16 Des 2019 10:29 WIB
Foto: Launching kapal See Hamster (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Pemerintah Kota Bekasi menandatangani kesepakatan program pembersihan sampah tahun 2020 dengan sejumlah stakeholder terkait peluncuran kapal pengangkut sampah. Kapal bernama See Hamster itu dikirim langsung dari Jerman.

"Jadi kapal pembersih sampah itu akan diberikan secara bertahap. Nantinya jumlahnya ada ada 3 (kapal), hari ini diserahkan yang sudah datang dan sudah ada di kita ada 1 kapal. Nanti bulan Maret mudah-mudahan akan datang 2 lagi jadi kita dapat 3 (kapal)," ujar Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto kepada wartawan di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Bekasi, Senin (16/12/2019).

Kapal itu menggunakan tenaga surya sehingga tidak menyebabkan polusi. Selain itu, pengadaan kapal See Hamster tidak menggunakan APBD.

"Kita akan diberikan 3 tahun tanpa biaya," ujar Tri.

Founder dan Managing Director Waste4change, Mohamad Bijaksana, mengatakan dua kapal lainnya akan dikirim dari Jerman pada Februari 2020. Kapal-kapal untuk Kota Bekasi direncanakan dapat beroperasi pada Maret 2020.

"Baterainya belum nyampai ( ke Indonesia), baterai itu diperkirakan nyampainya kira-kira bulan Februari 2019," kata Bijaksana.

See Hamster layaknya kapal boat dengan spesifikasi panjang 7,5 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 1 meter. Kapal tersebut dapat menampung 4 hingga 6 orang dengan kapasitas pengangkutan sampah mencapai 1,2 ton. Kecepatan kapal sekitar 5 hingga 13 Km/jam.





Tonton juga video Tanggul Kali Cakung Bekasi Jebol Gegara Sampah:


Selanjutnya
Halaman
1 2