Round-Up

Diselundupkan ke Indonesia, Siapa Pembeli 'Simba'?

Tim detikcom - detikNews
Senin, 16 Des 2019 08:43 WIB
Anak singa yang diamankan dari kasus perdagangan satwa ilegal. Anak singa diselundupkan dari Malaysia ke Riau. (Foto: Chaidir Anwar Tanjung)
Pekanbaru - Penyelundupan empat ekor anak singa ke Indonesia memunculkan teka-teki. Siapa yang ingin membeli sang 'simba'?

Kasus ini terungkap setelah Polda Riau menangkap pelaku perdagangan satwa liar yang dilindungi. Barang bukti diamankan, termasuk 4 ekor anak singa, 1 leopard, dan 58 kura-kura jenis Indian.

Dua orang ditetapkan sebagai tersangka, yaitu Y dan Is. Anak singa dan satwa lainnya diselundupkan dari Malaysia lewat 'pelabuhan tikus' di Dumai, Riau. Kedua tersangka mengaku akan membawa satwa-satwa liar tersebut ke Provinsi Lampung.


"Kedua tersangka ini kami amankan di Pekanbaru saat membawa barang bukti dari Dumai. Mereka mengaku akan membawanya ke Lampung," ujar Kapolda Riau Irjen Agung Setya dalam rilis kasus di Pekanbaru, Riau, Minggu (15/12/2019).

Y dan Is memiliki peran masing-masing dalam penyelundupan 'simba' dan satwa lainnya. Y awalnya menyelundupkan barang dari Dumai dengan mobil dan berjalan menuju Pekanbaru. Setelah dibuntuti dan dikejar polisi, Y ditangkap pada hari Sabtu (14/12) pukul 03.00 WIB.
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2