Round-Up

Andre Inisiasi Interpelasi, Istri Gubernur Chat 'Tembak Mati'

Tim detikcom - detikNews
Senin, 16 Des 2019 07:19 WIB
Foto: Anggota Fraksi Gerindra Andre Rosiade (Dok Istimewa)
Foto: Anggota Fraksi Gerindra Andre Rosiade (Dok Istimewa)
Jakarta - Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat (Sumbar) Andre Rosiade berbicara keras soal inisiasi Gerindra untuk menginterpelasi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Pernyataan keras Andre itu direspon oleh istri Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nevi Zuariana dengan geram. Nevi sampai melontarkan narasi 'tembak mati'.

Mulanya, Andre memang memerintahkan Fraksi Gerindra DPRD Sumbar untuk hak interpelasi untuk Irwan. Irwan dinilai kerap melakukan perjalanan ke luar negeri, padahal anggaran APBD Sumbar terbilang kecil. Andre bahkan sampai meminta Mendagri Tito Karnavian menginvestigasi pria yang sempat akan menjadi cawapres Prabowo Subianto itu.

"Yang ke Gubernur itu Pak Irwan, Pak Gubernur ini kan sudah periode kedua, empat tahun sudah menjalani periode kedua. Nah muncul keresahan di tengah masyarakat Sumatera Barat melihat perilaku dan praktik bahwa hampir tiap bulan, hampir tiap bulan nih, Pak Gubernur ini pergi ke luar negeri. Bahkan dalam satu bulan ada yang dua kali perjalanan dinas ke luar negeri. Dan ini menimbulkan keresahan di masyarakat," kata Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade saat dihubungi, Jumat (13/12/2019).
Saking seringnya, kata Andre, Gubernur Sumbar layak menerima rekor Muri sebagai kepala daerah tingkat I yang paling sering ke luar negeri. Andre mengungkit kehebohan yang terjadi saat kepala daerah lain bepergian ke luar negeri, padahal tak sesering Irwan Prayitno.

"Mas Anies saja dalam periode kepemimpinannya baru berapa kali ke luar negeri aja orang heboh. Kang Emil, Gubernur Jawa Barat, fotonya beredar di luar negeri aja orang heboh. Ini Gubernur (Sumatera Barat) hampir tiap bulan (ke luar negeri). Kalau ada rekor Muri, mungkin dia bisa dikasih rekor Muri tuh, 'Gubernur tersering keluar negeri'," sindirnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3