BBKSDA Riau Amankan 3 Anak Orang Utan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 22:49 WIB
Foto ilustrasi anak orang utan: dikhy sasra/detikcom
Pekanbaru - BBKSDA Riau mengamankan tiga ekor anak orang utan yang dibuang di tepi jalan di Pekanbaru, Riau. BBKSDA Riau menduga pembuangan satwa dilindungi ini masih berkaitan dengan penggagalan penyelundupan 4 ekor anak singa dan satu anakan leopard.

"Anak orang utan dalam kerangkeng kawat dibungkus kardus di letakkan di tepi jalan oleh seseorang pengguna mobil. Kami menduga ini masih ada rangkaian dengan 4 anak singa, 1 ekor leopard, dan 58 ekor kura-kura yang diamankan oleh Polda Riau," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono kepada detikcom, usai jumpa pers dengan Kapolda Riau Irjen Agung Setya di Kasang Kulim Zoo di Kabupaten Kampar, Minggu (15/12/2019).

"Dugaan kami pelepasan orang utan oleh pihak tertentu karena dihari yang sama Polda Riau membongkar penyelundupan anak singa dan leopard. Dugaan kami mengarah ke sana. Namun pengusutan ini dilakukan pihak Polda Riau," imbuhnya.



Haryono menjelaskan, 3 ekor anak orang utan diduga dibuang pada Sabtu (14/12) sekitar pukul 13.00 WIB. Penemuan pertama oleh masyarakat di Jalan Riau ujung dekat jembatan Siak IV Pekanbaru.

"Warga sempat melihat ada mobil menurunkan sesuatu kotak. Warga sempat curiga terhadap mobil itu. Lantas mobil kabur meninggalkan kotak tersebut," kata Haryono.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2