Kapolda Riau: Singa dan Leopard Dihargai Rp 450 Juta

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 20:54 WIB
Singa yang diperdagangkan. (Chaidir Anwar Tanjung/detikcom)
Pekanbaru - Polda Riau mengungkap jaringan perdagangan satwa liar asal luar negeri. Barang bukti yang diamankan 4 ekor anak singa, 1 ekor leopard (macan tutul) dan 58 ekor kura-kura Indian. Berikut perkiraan harga pasaran gelap internasional satwa liar.

"Saya paham bahwa ini (barang bukti) punya nilai ekonomis. Tapi saya ingin memberantas semua kegiatan ilegal seberapa besarpun nilai ekonomisnya itu hal yang ilegal dan haram bagi kita untuk menjadi bagian dari pada itu semua" kata Kapolda Riau, Irjen Agung Setya Imam Effendi saat jumpa pers di Kasang Kulim Zoo di Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (15/12/2019).




Agung menjelaskan, dalam pasaran ilegal harga seekor singa dan leopard bisa mencapai USD 32 ribu atau setara sekitar Rp 450 juta untuk kurs saat ini. Untuk kura-kura Indian harganya per ekor sekitar USD 1.200 atau sekitar Rp 17 juta.

"Punya nilai ekonomis betul, tapi ini adalah kejahatan. Melakukan membawa mengangkut, memperdagangkan itu adalah melanggar undang-undang konservasi, demikian juga undang-undang Karantina ancaman hukumannya 10 tahun bagi pelakunya ini," kata Agung.
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2