Soal Jet Tempur: Menhan Korsel Bilang RI Setuju, Prabowo Ingin Nego

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 17:35 WIB
Prabowo dan Jeong Kyeong-doo (Foto: dok. Kemhan RI)
Prabowo dan Jeong Kyeong-doo (Foto: dok. Kemhan RI)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegosiasi harga proyek jet tempur dari Korea Selatan. Soalnya, harganya kemahalan. Namun Korea Selatan menyatakan RI setuju.

"Korea Selatan-Indonesia berjanji untuk meneruskan proyek jet tempur," demikian bunyi judul berita Yonhap News Agency, 12 Desember 2019, dilansir detikcom pada Minggu (15/12/2019).



Keterangan tersebut didasarkan pada keterangan Kementerian Pertahanan yang berbasis di Seoul. Menhan Korea Selatan Jeong Kyeong-doo juga telah menemui Prabowo pada Kamis (12/12). Yonhap menyebut Indonesia sedang menunggak kewajiban pembayaran untuk proyek pesawat bersama ini, yakni Korea Fighter eXperimental/Indonesia Fighter eXperimental (KFX/IFX).

"Sebagai kerja sama dalam bidang industri pertahanan, termasuk proyek KFX, ini adalah simbol hubungan yang kuat terkait rasa saling percaya kedua negara. Dua kementerian setuju untuk bersama-sama mengusahakan peningkatan ikatan pertahanan dengan cara yang saling menguntungkan kedua belah pihak," kata Kementerian Pertahanan Korsel dalam rilis seusai pertemuan Kyeong-do dan Prabowo di Jakarta.
Selanjutnya
Halaman
1 2