Warga Citayam Bunuh Kobra 1 Meter, Besoknya Ditemukan Sisik Ular

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 15:25 WIB
Kobra di Citayam Grande Valley. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Ular kobra sepanjang 1 meter ditemukan di Perumahan Citayam Grande Valley, Bojonggede, Kabupaten Bogor. Kobra tersebut mati setelah ditangkap warga.

Danru Rescue Regu 3 Damkar Kabupaten Bogor Alan Bastyan mengatakan laporan adanya ular kobra di Citayam Grande Valley diterima pada Sabtu (14/12). Berdasarkan laporan, ular kobra berada di halaman depan rumah warga.



Ular berbisa itu ditangkap dan langsung dibunuh warga. "Itu dewasa (ular kobra), panjangnya ada 1 meteran," kata Alan, ketika dihubungi, Minggu (15/12/2019).

Alan menjelaskan, setelah menerima laporan itu, timnya langsung bergerak mencari ular kobra lainnya. Tim damkar turun melakukan pencarian pada Minggu pagi dari pukul 08.45 WIB sampai 11.00 WIB. Pencarian dibantu oleh warga setempat.

Namun, hasil pencarian nihil. Ular kobra tak ditemukan. Tim damkar, kata Alan, hanya menemukan sisik kobra.

"Nah, kami mendapatkan kulit ular itu di paling belakang perumahan di dekat tebing," ujar dia.

Sisik ular.Sisik ular. (Foto: dok. Istimewa)




Alan belum bisa memastikan jenis kelamin ular kobra yang ditemukan warga tersebut. Dugaan sementara, ular kobra itu belum berkembang biak.

"Dugaan sementara, karena kami juga belum mendapat telur dan sebagainya, dugaan sementara belum berkembang biak. Karena kami baru mendapatkan kulit ular tersebut. Warga baru mendapatkan satu ekor. Damkar akan turun untuk evakuasi kalau ada laporan lagi dari warga," jelasnya. (idn/idn)