Sepak Terjang Greta Thunberg yang Jadi Contoh Anies 'Pentingnya Kata-kata'

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 12:48 WIB
Greta Thunberg (Instagram @gretathunberg)
Greta Thunberg (Instagram @gretathunberg)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara pentingnya kata-kata. Anies mencontohkannya lewat aksi aktivis lingkungan asal Swedia, Greta Thunberg, yang terpilih menjadi Person of the Year untuk tahun 2019 versi majalah Time.

Anies menyampaikan soal pentingnya kata-kata saat berbicara di acara Millennial Fest 2019 di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu (14/12/2019). Menurut Anies, Greta Thunberg bisa menginspirasi gerakan penyelamatan lingkungan karena kata-katanya.

"Apa ya yang sebenarnya menarik dari inspirasi, kata-kata. Karena sering kali, akhir-akhir ini, kata-kata dianggap nggak penting yang penting kerja. Rileks dulu rileks. Kenapa ini menjadi sesuatu? Tahukah Anda siapa yang jadi person of the year tahun 2019 di majalah Time? Bikin apa dia? Bikin movement pakai apa? Kata-kata. Namanya siapa? Greta dari Swedia. Umurnya 16 tahun," kata Anies.

Sepak Terjang Greta Thunberg yang Jadi Contoh Anies 'Pentingnya Kata-kata'Anies Baswedan (Isal Mawardi/detikcom)


Lalu apa sebenarnya yang dilakukan oleh Greta Thunberg?

Pada usianya masih belia, Thunberg telah banyak bepergian dan menghadiri berbagai konferensi untuk mengingatkan para pemimpin dunia dan para pembuat kebijakan untuk bertindak segera melindungi Bumi dari perubahan iklim.


Seperti dilansir majalah Time, Jumat (13/12/2019), aksi bernama 'Fridays for Future' yang dicetuskan Thunberg telah menginspirasi aksi protes global.

Gerakan itu dimulai sejak Agustus 2018. Bukan hanya dengan kata-kata, Thunberg memulai gerakan itu lewat aksi bolos sekolah dan menggelar unjuk rasa sendirian di luar gedung parlemen Swedia. Aksi ini selalu digelar Thunberg setiap hari Jumat.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3