Demokrat Ungkap 'Restu' SBY Lepas Soekarwo Jadi Wantimpres Jokowi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 08:10 WIB
Foto: Soekarwo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Mantan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo, dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Demokrat mengungkap restu ketua umum mereka, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melepas Soekarwo.

"Pakde Karwo kader utama Partai Demokrat. Mendapat tugas panggilan oleh negara, karena aturan tidak boleh merangkap antara partai dan Wantimpres, maka Ketum memperbolehkan kader terbaik itu melepas posisi sebagai salah satu pimpinan Demokrat di daerah," kata Wasekjen Demokrat Andi Arief kepada wartawan, Sabtu (14/12/2019).


Andi Arief menyebut Soekarwo--akrab disapa Pakde Karwo--telah mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPD Demokrat Jawa Timur. Ditanya apakah Soekarwo masih menyandang status sebagai kader Demokrat, Andi Arief menjawab diplomatis.

"(Pakde Karwo) mengundurkan diri dari Ketua DPD (PD) Jatim. Status kader itu tergantung keinginan pribadi, melekat tapi juga nggak bisa dipaksakan. Yang jelas Pakde bukan lagi Ketua DPD Jatim dan bukan Majelis Tinggi Partai," katanya.

Demokrat mendoakan yang terbaik bagi Soekarwo. Demokrat berharap Soekarwo bisa memberikan masukan yang baik untuk Jokowi.


"Kami berharap Pakde Karwo bisa berkerja dengan baik dalam memberi pertimbangan pada Pak Jokowi," ucap Andi Arief.

Setelah dilantik sebagai Wantimpres, Soekarwo awalnya sempat dianggap mewakili Demokrat. Namun Soekarwo menegaskan dia sudah keluar dari Demokrat dan telah berkomunikasi dengan SBY serta mendapat restu.

"Oh sudah (keluar sebagai kader Demokrat)," ujar Soekarwo saat dimintai konfirmasi seusai pelantikan. (gbr/gbr)